Kamis, 17 Oktober 2013

Lomba Foto Semangat Proklamasi Hadiah 49 Juta

Museum Perumusan Naskah Proklamasi memiliki visi dan misi untuk menyampaikan pesan dari semangat proklamasi yaitu semangat persatuan dan kesatuan dalam mencapai kemerdekaan. Semangat perjuangan yang telah terjadi 68 tahun lalu tersebut dijalankan oleh generasi masa kini dengan cara mengisinya melalui pembangunan yang seharusnya dilandasi semangat proklamasi tersebut. Potret semangat proklamasi masa kini tentu tidaklah sama persis dengan semangat yang dijalin oleh para pendiri bangsa ini. Hal ini juga dikarenakan kondisi dan situasi yang berbeda antara masa kini dan masa lalu.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi bertugas untuk menyambung rangkaian yang terputus antara Angkatan 45 dan generasi saat ini melalui beragam kegiatan yang diselenggarakan. Museum sejarah selain mengisahkan peristiwa yang telah terjadi juga sekaligus harus menyampaikan pesan penting dari sebuah peristiwa sejarah.



     Pada 2013, Museum Perumusan Naskah Proklamasi akan menyelenggarakan kegiatan Lomba Fotografi dengan tema “Semangat Proklamasi”. Maksud dan tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk merekam makna semangat proklamasi pada masa kini, sehingga dapat memberikan gambaran baik bagi pihak Museum Perumusan Naskah Proklamasi maupun bagi semua pihak mengenai potret pemahaman generasi akan semangat proklamasi. Berdasarkan rekaman peristiwa berupa foto-foto ini kita dapat bersama-sama memaknai apa tujuan kemerdekaan sudah terwujud dalam bentuk pembangunan mental spiritual yang berlandaskan semangat proklamasi atau belum? Jika belum, maka rekaman foto peristiwa ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi kita untuk kembali bersama-sama merangkai terputusnya pemahaman akan semangat proklamasi tersebut.

Kriteria Umum
1.   Karya foto diambil antara tahun 2010 dan 2013.

2.   Foto harus sesuai Tema “SEMANGAT PROKLAMASI”.

3.   Lokasi objek pemotretan dilakukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4.   Lomba foto bersifat nasional

5.   Karya foto merupakan karya foto sendiri dan tidak ada rekayasa, (bukan karya orang lain), dan belum pernah dilombakan dalam lomba foto manapun

6.   Terbuka untuk umum (Panitia dan Dewan Juri tidak diperkenankan mengikuti lomba)

7.   Tidak dipungut biaya.

8.   Kategori Peserta :

a.   Umum

b.   Wartawan



SYARAT-SYARAT DAN KETENTUAN TEKNIS LOMBA
 
1.   Jumlah foto dibatasi. Setiap peserta dapat mengirimkan fotonya paling banyak 5 foto yang berbeda.

2.   Foto dikirimkan dalam bentuk cetak, berukuran sisi terpendek 20 cm (10 R atau 10 RS), disertai CD berisi file digital foto tersebut;

3.   Ukuran file digital foto berketentuan: sisi panjang minimum 3000 pixel disimpan dalam format JPG medium (minimum skala 6). Nama file digital : namapeserta_judul_lokasipemotretran_NomorHP. Foto digital harus masih mengandung EXIF. Tidak diperkenankan mencantumkan data apa pun di bagian depan foto baik gambar maupun tulisan;

4.   Di balik foto harus dilekatkan kertas yang memuat data: Judul foto; nama dan alamat peserta; Nomor telepon dan/atau HP; peristiwa dan lokasi foto.

5.   Rekayasa digital dizinkan sebatas sama dengan yang biasa dilakukan dalam kamar gelap fotografi film, yaitu: cropping, kontras, dodging dan burning, serta saturasi.

6.   Foto pemenang akan digunakan oleh Museum Perumusan Naskah Proklamasi untuk publikasi dengan tetap mencantumkan nama fotografer.

7.   Panitia tidak mengembalikan foto yang dikirim oleh Peserta.

8.   Foto harus sudah diterima oleh panitia pada 10 November pukul 24.00 WIB;

9.   Panitia berhak mendiskualifikasi peserta sebelum atau sesudah penjurian apabila dianggap terjadi kecurangan.

10. Panitia akan melakukan tindakan yang diperlukan untuk melindungi karya peserta. Namun panitia tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan yang timbul selama pengiriman.

11. Keputusan Dewan Juri sah dan tidak dapat diganggu gugat.

12. Dengan mengirimkan karya foto berarti peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh Panitia.

13. Total hadiah : Rp. 49.000.000,-

14. Penjurian dilakukan pada 12 November 2013

15. Pengumuman Pemenang: 19 November 2013

16. Penyerahan hadiah, pameran foto pemenang dan nominasi: 24 November 2013  (disesuaikan dengan acara Seminar Nasional)

17. Untuk informasi lomba, peserta dapat mengunjungi Website www.munasprok.com atau www.kebudayaan.kemdikbud.go.id  atau www.kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditjenbud/museumnaskahproklamasi



 SYARAT PENGUMPULAN FOTO  
1.   Karya foto dapat dikirim melalui email dan atau secara fisik ke alamat panitia

2.   Pengiriman foto melalui email :

a.  Maksimal pengiriman 5 (lima) foto berbeda dalam bentuk file digital sesuai persyaratan di atas

b.   File foto dimasukkan ke dalam satu folder dan maksimal besaran folder sebesar 10 (sepuluh) MB

3.   Pengiriman melalui fisik:

a.  Maksimal pengiriman 5 (lima) foto berbeda dalam bentuk cetakan disertai file digital/soft copy dalam bentuk cd/dvd. Foto dimasukkan kedalam amplop tertutup.

b.   Di sudut kiri atas amplop ditulis “LOMBA FOTO SEMANGAT PROKLAMASI”

4.   Foto dapat diantar langsung atau dikirim via Pos ke alamat:

Sekretariat Panitia Lomba Foto “Semangat Proklamasi”
MUSEUM PERUMUSAN NASKAH PROKLAMASI
JL. IMAM BONJOL NO. 1 MENTENG JAKARTA PUSAT 10310
5.   Foto dapat dikirim dalam bentuk digital melalui alamat email lomba.munasprok@yahoo.com



Hadiah
1.     Kategori Umum

-      Juara 1: Rp. 7.500.000

-      Juara 2: Rp. 5.500.000

-      Juara 3: Rp. 3.000.000

-      Juara Harapan 1,2 & 3 masing-masing: Rp. 1.000.000


2.      Kategori Wartawan

-      Juara 1: Rp. 11.500.000

-      Juara 2: Rp. 9.000.000

-      Juara 3: Rp.   6.500.000

-      Juara Harapan 1,2 & 3 masing-masing: Rp. 1.000.000



0 komentar:

Posting Komentar

Di-share yuk :)