Rabu, 16 Oktober 2013

Blog Competition Pertamina Berbagi Energi Masa Depan

Fakta bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya hingga hari ini masih tidak terbantahkan. Potensi indonesia tersebar dari puncak gunung hingga ke laut lepas, dari Sabang di ujung barat hingga Merauke di timur. Alam Indonesia menyediakan semua itu untuk kita olah dan kita kelola demi kelangsungan negeri ini.

Salah satu potensi besar yang dimiliki Indonesia adalah sumber energi. Indonesia masih menjadi produsen utama minyak bumi, batu bara, dan gas alam. Namun kekayaan energi indonesia tak cuma mineral hasil tambang. Berjajar di sepanjang garis khatulistiwa, Indonesia diberkahi sinar matahari sepanjang tahun. Indonesia juga punya potensi angin yang melimpah karena memiliki garis pantai yang sangat panjang. Belum lagi jajaran gunung berapi yang menyediakan potensi panas bumi yang besar.

Meskipun sumber energi tersedia melimpah di nusantara, negeri ini ternyata belum mampu mengoptimalkan penggunaannya. Permasalahan energi masih saja berkutat di seputar pengelolaan dan distribusi minyak bumi. Pemanfaatan sumber-sumber energi terbarukan yang lebih mudah didapat, seperti angin dan sinar matahari, masih  jauh dari maksimal.


Para pengamat menilai, Indonesia akan menghadapi pertumbuhan kebutuhan energi dalam 20 tahun ke depan. Pasalnya, sebagai salah satu negara dengan penduduk terpadat dan kaya sumber daya, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi akan melejit. Jika diversifikasi energi tidak segera dilakukan, Indonesia akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan energi.

Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (PERTAMINA) sebagai perusahaan negara yang mengelola sumber energi utama di Indonesia kali ini mengajak Kompasianer semua untuk “urun rembug”, memberi ide dan pendapat lewat tulisan seputar topik pengembangan dan penghematan energi di Indonesia.  Silakan kirimkan tulisan Anda dengan mencantumkan tag “energibaru”.  Untuk bergabung silahkan klik microsite ini.

SYARAT DAN KETENTUAN

Ketentuan Umum

Peserta lomba terbuka untuk semua Kompasianer. Jika belum memiliki akun Kompasiana, klik di sini
Artikel lomba merupakan karya orisinil, bukan saduran, dan terjemahan.
Artikel lomba bersifat reportase, opini, dan bukan karya fiksi.
Artikel lomba memakai Bahasa Indonesia.
Semua artikel yang diikutsertakan harus ditayangkan di Kompasiana dengan mencantumkan tag “energibaru” (tag diketik tanpa tanda kutip) dalam periode 1 Oktober - 4 November 2013.
Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu tulisan dengan jeda penayangan sesuai Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Peserta wajib follow akun twitter @PTPERTAMINA & @Kompasiana
Peserta wajib like akun Facebook Pertamina di www.facebook.com/ptpertaminapersero
Peserta wajib subscribe akun Youtube PT PERTAMINA
Setiap peserta wajib menyebarkan artikelnya lewat Twitter & Facebook dengan mention @PTPERTAMINA & sertakan tagar #energibaru di dalam kicauan twitter.
Periode lomba dari tanggal 1 Oktober - 4 November 2013

Ketentuan Pemenang

Pemenang lomba dipilih berdasarkan kualitas tulisan.
Jumlah sharing artikel di sosial media, komentar, jumlah pembaca, dan rating menjadi bahan pertimbangan dalam penjurian.
Pemenang akan diumumkan 3 (tiga) minggu setelah lomba ditutup.
Dewan juri terdiri dari pihak Kompasiana
Keputusan juri tidak dapat diganggu-gugat.
Hadiah

Juara 1 : Macbook Air
Juara 2 : Kamera Canon Mirrorless
Juara 3 : Samsung Galaxy Tab 3
Hadiah hiburan: voucher pertamax @ Rp. 250.000 (untuk 10 orang pemenang)
*) Pajak hadiah ditanggung oleh pemenang

Sumber : http://blog.kompasiana.com/2013/10/01/ikutilah-blog-competition-pertamina-berbagi-energi-masa-depan-594615.html



0 komentar:

Posting Komentar

Di-share yuk :)